Teori Organik

by: S. N. Dubey

Teori organik adalah teori tertua dalam istilah sifat dasar Negara. Herbert Spencer adalah perintis utama dari teori ini. Dia percaya bahwa Negara adalah organisme. Ia memiliki organ- organ nutrisi, sirkulasi, koordinasi dan reproduksi. System penyokong Negara terdiri dari para petani yang membajak sawah, dan pekerja dipertambangan, para buruh serta loka karya. Sedangkan sistem penyalur Negara terdiri dari pedagang, banker, pekerja stasiun kereta api dan pelaut. Sistem regulatori Negara diperbuat dari sistem pemerintahan dimana mengatur aktifitas setiap individu.

Organisme sosial merupakan subjek pertumbuhan hukum yang serupa dari kebusukan organisme biologis. Organisme sosial sama dengan organisme individual dalam ciri sifat – sifat dasar : dimana tumbuh sehingga berkembang, hingga menjadi suatu hal yg kompleks, dan bahkan semakin rumit, inilah bagian yang memperoleh peningkatan kesatuan yang saling bergantungan ; dimana dalam kedua case ini meningkatnya integrasi yang diiringi dengan meningkatnya hal yg tidak sejenis.

Jadi, pertumbuhan masyarakat secara harfiah menbawa rumus evolusi; perkembangan ukuran kesatuan berpolitik, dari famili hingga Negara; berkembangnya ekonomi dari industri domestic rendah menuju monopoli dan cartels; pertumbuhan pesat ukuran kesatuan populasi dari desa kekota hingga berubah menjadi kota besar. Semua ini merupakan bukti integrasi atau penggabungan , sedangkan divisi para buruh, perkalian para pedagang dan para pekerja, dan keadaan saling bergantungnya pertumbuhan ekonomi kota dengan Negara dan dari bangsa ke bangsa lainnya menghiasi hubungan pertumbuhan dan diferensiasi.




Comments

Popular posts from this blog

Sisi buruk pemerintahan demokrasi

Teori ilmu politik

Apa Itu ilmu Politik