Negara Berdasarkan Teori Mechanistic

BY: S. N. Dubey

Teori mechanistic merupakan salah satu teori tertua dalam penguraian sifat dasar Negara. Teori ini didirikan oleh Sophist dimasa Yunani kuno. Diantara pemikir- pemikir modern yang terkenal dalam penguraian ini adalah Hobbes dan Locke berdasarkan teori perjanjian.

Teori ini menganggap bahwa Negara pada dasarnya semata- mata buatan mekanisme atau penemuan dengan sengaja dari kontrak formal atau konvensi, dimana bekerja layaknya sebuah mesin, dan dimana bisa dibentuk, didirikan atau dihancurkan oleh penciptanya dengan melalaikan sejarah hukum dan tradisi yang tidak dapat dipungkiri.

Menariknya, para pemuka teori ini membandingkan Negara dengan sebuah bangunan dimana penciptanya adalah para arsitektur. Jadi bila Negara di ibaratkan bangunan, jelasnya para arsitek akan melakukan pembangunan seperti apa yang dikehendakinya, bahkan tampa memandang sedikitpun akan hal kesejahteraan rakyat. Tetapi bisa juga diartikan dalam positif, bila para arsitek memiliki niat murni dalam pembangunan tersebut, maka rakyat pula yang akan menikmati indahnya hidup dalam bangunan tersebut.

Seperti kata- kata Garner: Negara adalah laksana semua institusi, pekerja Negara selalu bekerja secara bersama, sepaham dan sekata, dimana tidak mengabaikan sumber histori, kebiasaan nasional dan tradisi; Negara tidak semata- mata ciptaan mekanik yang berubah- ubah laksana bentuk sebuah bangunan, atau pakaian dimana diciptakan oleh para arsitek. Negara merupakan dasar kejadian, sekelompok sosial yang berbasic pada fakta persatuan dan keadaan saling bergantung diantara mereka yang membentuknya.




Comments

Popular posts from this blog

Sisi buruk pemerintahan demokrasi

Teori ilmu politik

Apa Itu ilmu Politik