Proses Perkembangan Masyarakat Suku Primitip Menuju Negara Modern

BY: S. N. Dubey

Sebagian besar pemikir modern memegang bahwa Negara itu lahir dari perkembangan sejarah. Hal ini terjadi berangsur- angsur selama 1000 tahun, dan beberapa asal usul menyumbang atau melahirkan pertumbuhan dan perkembangannya. Akan tetapi perkembangan Negara tidaklah seragam, teratur, dan bersamaan. Disana terdapat garis perkembangan dari dasar awal hingga menuju ke Negara modern.

Factor perbedaan memberikan kenyataan yang jelas dari perbedaan form organisasi politik bermacam wilayah diseluruh dunia. Bagaimanapun tingkat pertumbuhan Negara dari dua benua Eropa dan Asia tidak jauh dari enam jejak :

1. Early Tribal.
2. Oriental Empires
3. Greek City States.
4. Roman Empires.
5. Medieval Feudal States
6. Modern States.


1. Early Tribal States:

Tipe organisasi politik dimasa ini juga dikenal dengan Negara tribal ( mengenai suku ) dimana asal usulnya lahir dari istilah keluarga perayahan. Negara tribal terdiri dari beberapa keluarga atau gabungan dari beberapa famili, dimana secara turun- temurun mereka memiliki dasar kepercayaan kepada leluhur yang sama. Kepala keluraga yang tertua adalah pemimpin suku, dimana pemimpin tersebut dianggap sebagai raja.

Organisasi Negara tribal mudah goyah, sedangkan lingkungan untuk beraktifitas sangatlah terbatas. Fungsi utama raja yakni memelihara perdamaian secara internal, dan memimpin sukunya dalam peperangan. Sedangkan Raja di tribal ini tidak memiliki kekuasaan yang sama dengan pemimpin organisasi suku lainnya, dimana ada sebagian dari suku memberikan pemimpinnya kekuasaan yang mutlak, sedangkan dilain pihak kekuatan tersebut terbatas dengan adanya dewan penasehat. Pemimpin tribal biasanya bersifat turun- temurun, akan tetapi adakalanya hal ini berubah menjadi elective.



Comments

Popular posts from this blog

Sisi buruk pemerintahan demokrasi

Teori ilmu politik

Apa Itu ilmu Politik