Oriental Empires

BY: S. N. Dubey

Oriental Empires ( Kerajaan Timur ) adalah tingkat kedua yang menjadi salah satu bukti kuat perkembangan Negara. Kerajaan ini lahir di daerah lembah Nil hingga merambat ke Eupharates, Tigris( sungai sebelah timur Turki ), Indus, Ganga ( sungai di India ) dan Yangtse ( sungai di china ). Suasana di daerah ini sangat mendukung dan lingkungannya pun subur, dimana air juga tersedia berlimpah ruah dimasa itu. Kondisi inilah yang memungkinkan produksi dan akumulasi kekayaan, hingga terbentuk Negara yang makmur.

Kekayaan yang di miliki oleh suatu Negara akhirnya mengundang Negara tetangga datang untuk menjajah atau sebaliknya, sehingga dari peristiwa ini maka lahirlah kekuasaan yang meluas, dimana dasarnya Negara itu kecil lalu berkembang luas. Perkembangan kerajaan Egypt ( Mesir ) yang sangat dikenal di daerah sungai Nil berdiri sekitar 3400 B. C ( sebelum Isa- Almasih )., dengan banyaknya pergantian dari kerajaan ini secara berkesinambungan hingga 1150 B. C. Sedangkan di lembah Eupharates dan Tigris muncul tiga kerajaan yang kuat dan berkembang secara berurutan, yakni; Sumerian, Babylonian, dan Assyrian.

Masa awal kerajaan ini terkesan lemah dan tidak teratur. Disamping susahnya dalam hal transportasi dan komunikasi, pemusatan kekuasaan sangatlah tidak memungkinkan dimasa ini. Seorang Gubernur suatu wilayah juga menyandang jabatan komandan militer, mengakui kekuasaan raja dan membayar upeti merupakan tanggungjawabnya, akan tetapi hampir semua independent didalam administrasi berada ditangan mereka. Mereka sering bersekongkol dan memberontak melawan pemerintahan pusat. Maka dari itu, kerajaan ini menderita ketidak stabililan dan dinasti atau keturunan raja berganti tampa di duga. Proses perkembangan kerajaan ini terjadi dari perluasan, pencaplokan, kekacauan, dan menyusun kembali, dimana hal ini lahir dari aliran dalam dan maupun musuh luar.

Walaupun kekuasaan dimasa ini didasari dengan rasa ketakutan dan kelaliman, dari kekurangan inilah maka lahir perkembangan kontribusi institusi didalam Negara.






Comments

Popular posts from this blog

Sisi buruk pemerintahan demokrasi

Teori ilmu politik

Apa Itu ilmu Politik